Grafik komputer dan
Pengolahan Citra
Disaat ini yang serba
canggih perlu sekali dalam memanfaatkan grafik komputer dan pengolahan citra,karena
kita tidak perlu melakukan suatu percobaan dengan menggunakan objek aslinya,
dengan menggunakan ilmu ini kita bisa memanipulasi sebuah objek menjadi 2D, dan
bahkan bisa melebihinya menjadi 3D,pengertian dari grafik komputer adalah suatu
proses pembuatan ,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra. Dan model ini
berasal dari beberapa bidang fifik ,matematika,artistik, dan bahkan struktur
abstrak. Dari pengertian ini sudah sangat jelas bahwa salah satu pemanfaatannya
adalah untuk memanupulasi objek, jdi apabila kita ingin membuat objek yang
nyata maka sebaiknya kita membuat manipulasinya terlebih dahulu. Agar objek
yang akan dibuat sesuai dengan apa yang kita harapkan,banyak sekali pengembang
devlopment yang menyediakan tools-tools bagi anda yang ingin terjen dibidan
grafik komputer salah satunya adalah Borlan C++ dengan fasilitas GDI(Grafical
Device Interface) akan memudahkan user untuk membuat sebuah objek dari aslinya.
berikut ini adalah salah satu manfaat dari ilmu grafik komputer.
1.
Bidang kedokteran
Dengan
adanya ilmu ini seorang dokter dapat mengetahui detak jantung pasiennya dengan
bantuan alat yang disebut dengan electrocardio graph, jdi seorang dokter hanya
perlu membaca grafik yang di tunjukan oleh alat ini, tanpa harus
mendengarkannya secara langsung dari tubuh pasiennya (manual). Dengan alat ini
kerja dokter akan semakin efektif.
2.
Bidang Seni atau multimedia
Sanagt
sekali nyata dalam hal ini, bagai mana seorang menciptakan animasi yang hampir
menyerupai aslinya, baik dari karakternya maupun efek yang di ciptakan. Salah satu
animasi yang menggunakannya adalah.
3.
Di bidang pendidikan
Siswa
akan lebih mengerti untuk memahami suatu pelajaran dari sebuah objek yang nyata
dibandingan dengan sebuah teori, inilah yang menuntut sebuah pendidik untuk
dapat menjelaskan dengan bantuan grafik komputer salah satu toolnya adalah
dengan menggunakanpower point atau lainnya,
contoh: bagi pelajaran biologi sangat berguna untuk menggambarka anatomi
tubuh manusia, sehingga siswa jadi lebih mengerti tentang struktur tubuh dengan
adanya penggambaran secara grafis.
4.
Di bidang arsitektural dan engineering.
Seseorang
yang ingin menciptakan sebuah objek yang nyata dan diharapkan dapat memenuhi
dari harapannya, maka ia di haruskan untuk membuah sebuah prototype baik berupa
objek ataupun berupa virtual/ gambar 3D. Anda bisa menggunakan alat bantu yang
digunakan untuk analisi dan desain yaitu dengan bantuan Computer-Aided Design
(CAD). Dengan alat bantu ini anda bisa menggambar sebuah objek misalnya: bagunan,
pesawat, mobil, dan lain-lain Secara lebih nyata.
5.
Di bidang hiburan/game
game
adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan
umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di
pasaran mulai yang sederhana yang berbentuk 2D, seperti game ringan pada game
kecil, hingga yang paling rumit yaitu gambar 3D. Game yang bagus adalah game
yang sudah hampir menyerupai objek aslinya. Salah satu game dengan desaint yang
baik adalah PES 2014.
Sedangkan Pengolahan
citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru, dan
inimerupakan salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra hanya melakukan
transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik
tertentu.Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi
citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan
operasi yang dilakukan terhadap citra.
Salah satu pemanfaatan
dari pengolahan citra adalah :
Dibidang kedokteran
Dengan
memanfaatkan foto rontgen, dokter dapat melihat penyakit atau benda asing pada
tubuh pasinnya.
Atau
bisa juga dengan alat mikroskop elektron adalah pengolahan citra yang digunakan
dalam bidang kedokteran,yaitu sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail
sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan
elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat
hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan
dalam patologi anatomi. Patologi anatomi
ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah
sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya
:
·
perencanaan kota dan pendeteksian
perubahan lahan kota
·
pemasangan dan perencanaan
telekomunikasi
·
pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian
perubahan lahan
·
penilaian pertanian dan monitoring
·
manajemen pantai dan sumber daya laut
·
oseanografi fisik
·
pemetaan topografis dan geologis
·
pemetaan dan pendeteksian es laut
·
explorasi mineral
·
explorasi minyak dan gas
·
manajemen sumber daya hutan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar