Sabtu, 28 September 2013

Grafik Computer dan pengolahan Citra

Grafik komputer dan Pengolahan Citra

Disaat ini yang serba canggih perlu sekali dalam memanfaatkan grafik komputer dan pengolahan citra,karena kita tidak perlu melakukan suatu percobaan dengan menggunakan objek aslinya, dengan menggunakan ilmu ini kita bisa memanipulasi sebuah objek menjadi 2D, dan bahkan bisa melebihinya menjadi 3D,pengertian dari grafik komputer adalah suatu proses pembuatan ,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra. Dan model ini berasal dari beberapa bidang fifik ,matematika,artistik, dan bahkan struktur abstrak. Dari pengertian ini sudah sangat jelas bahwa salah satu pemanfaatannya adalah untuk memanupulasi objek, jdi apabila kita ingin membuat objek yang nyata maka sebaiknya kita membuat manipulasinya terlebih dahulu. Agar objek yang akan dibuat sesuai dengan apa yang kita harapkan,banyak sekali pengembang devlopment yang menyediakan tools-tools bagi anda yang ingin terjen dibidan grafik komputer salah satunya adalah Borlan C++ dengan fasilitas GDI(Grafical Device Interface) akan memudahkan user untuk membuat sebuah objek dari aslinya. berikut ini adalah salah satu manfaat dari ilmu grafik komputer.
1.      Bidang kedokteran
Dengan adanya ilmu ini seorang dokter dapat mengetahui detak jantung pasiennya dengan bantuan alat yang disebut dengan electrocardio graph, jdi seorang dokter hanya perlu membaca grafik yang di tunjukan oleh alat ini, tanpa harus mendengarkannya secara langsung dari tubuh pasiennya (manual). Dengan alat ini kerja dokter akan semakin efektif.


2.      Bidang Seni atau multimedia
Sanagt sekali nyata dalam hal ini, bagai mana seorang menciptakan animasi yang hampir menyerupai aslinya, baik dari karakternya maupun efek yang di ciptakan. Salah satu animasi yang menggunakannya adalah.



3.      Di bidang pendidikan
Siswa akan lebih mengerti untuk memahami suatu pelajaran dari sebuah objek yang nyata dibandingan dengan sebuah teori, inilah yang menuntut sebuah pendidik untuk dapat menjelaskan dengan bantuan grafik komputer salah satu toolnya adalah dengan menggunakanpower point atau lainnya,  contoh: bagi pelajaran biologi sangat berguna untuk menggambarka anatomi tubuh manusia, sehingga siswa jadi lebih mengerti tentang struktur tubuh dengan adanya penggambaran secara grafis.



4.      Di bidang arsitektural dan engineering.
Seseorang yang ingin menciptakan sebuah objek yang nyata dan diharapkan dapat memenuhi dari harapannya, maka ia di haruskan untuk membuah sebuah prototype baik berupa objek ataupun berupa virtual/ gambar 3D. Anda bisa menggunakan alat bantu yang digunakan untuk analisi dan desain yaitu dengan bantuan Computer-Aided Design (CAD). Dengan alat bantu ini anda bisa menggambar sebuah objek misalnya: bagunan, pesawat, mobil, dan lain-lain Secara lebih nyata.

5.      Di bidang hiburan/game
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana yang berbentuk 2D, seperti game ringan pada game kecil, hingga yang paling rumit yaitu gambar 3D. Game yang bagus adalah game yang sudah hampir menyerupai objek aslinya. Salah satu game dengan desaint yang baik adalah PES 2014.


Sedangkan Pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru, dan inimerupakan salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra hanya melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.Operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra.
Salah satu pemanfaatan dari pengolahan citra adalah :
Dibidang kedokteran
Dengan memanfaatkan foto rontgen, dokter dapat melihat penyakit atau benda asing pada tubuh pasinnya.


Atau bisa juga dengan alat mikroskop elektron adalah pengolahan citra yang digunakan dalam bidang kedokteran,yaitu sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya :
·         perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
·         pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
·         pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
·         penilaian pertanian dan monitoring
·         manajemen pantai dan sumber daya laut
·         oseanografi fisik
·         pemetaan topografis dan geologis
·         pemetaan dan pendeteksian es laut
·         explorasi mineral
·         explorasi minyak dan gas
·         manajemen sumber daya hutan


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar